Choco-Dol

Cara menghilangkan gatal gatal pada kulit

Posted on: November 26, 2010

Nikmatnya saat kita menggaruk kulit yang gatal.tapi setelah menggaruknya tentu kita akan mendapatkan kulit yang terasa perih dan luka2 bekas garukan.Penggarukan terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit.Penggarukan juga bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal.Penggarukan dan penggosokan jangka panjang bisa menyebabkan terbentuknya jaringan parut dan penebalan kulit.

Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.Kalau anda betah dengan perihnya anda bisa mengoleskan GARAM DAPUR ke kulit yang terasa gatal.(rasanya perih bgt tp cuma sebentar setelah itu dijamin akan hilang rasa gatalnya).

Dibawah ini ada beberapa alternatif untuk menghilangkan penyakit gatal2 dikulit anda; tumbuhan jakut pendul segar direbus kamudian airnya tuk mencuci bagian tubuh yang gatal,atau batang brotowali daun mimba secukupnya, dengan perbandingan 1 : 1 ,direbus dengan 3 lt air, air rebusan bisa tuk mandi.juga tanaman calincing dilumatkan trus diborehkan.bisa juga menggunakan daun jarak pagar dipanaskan diatas api sampai daun lemas, diremas2 kemudian diborehkan atau mencoba dengan Daun ketepeng cina segar di beri sedikit kapur sirih dilumatkan, kemudian digosokkan.

Untuk pengobatan tradisional lainnya anda juga bisa memilih resep2 dibawah ini:
Ramuan Obat Tradisional 1 :15 gram temu hitam, 15 gram temu kunci, dan 15 gram kunyit dihaluskan, kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 2 :Seluruh tanaman leunca digiling hingga halus kemudian dioleskan pada kulit yang gatal.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 3 :Kulit labu bligo (labu tangkua) direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya digunakan untuk mandi.
Pemakaian : Secara teratur 1-2 kali sehari.

Ramuan Obat Tradisional 4 :1-2 lembar daun biduri dicuci bersih, permukaannya dioleskan dengan minyak kelapa, lalu layukan diatas api.
Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional 5 :Cuci bersih 20 gram batang dan daun kentut segar, lalu digiling halus.Pemakaian : Tempelkan di bagian yang gatal.

Ramuan Obat Tradisional 6 :Cuci bersih 1 lembar daun keji beling segar. Gosokkan di bagian yang gatal sampai daun hancur dan mengeluarkan air.
Pemakaian : 2 kali setelah berselang 2 jam.
Cuci bersih daun mimba, lalu remas-remas hingga hancur.Pemakaian : balurkan pada bagian yang gatal.

dari berbagai sumber

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: